RAPAT KORDINASI DOSEN FAKULTAS TEKNIK – SEPAKATI STRATEGI PEMBELAJARAN DI ERA COVID

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Lantai 7 Gedung D Kampus Unisbank Kendeng pada Kamis 16 Juli 2020 ini agak ramai dengan adanya Rapat Kordinasi Dosen FT Unisbank menghadapi tahun ajaran ganjil 2020/2021 untuk semester 1,3,5 dan 7.Rapat yang dipimpin Dekan Fakultas Teknik Dr dra Lie Liana.,M.MSI ini dihadiri dosen , staf akademik dan laboran yang ada di lingkungan FT.

Berbagai agenda rapat berhasil dibahas dan diambil keputusan bersama yang dipakai sebagai pijakan dalam pelaksanaan perkuliahan di semester tersebut yang sebagian besar akan dilaksanakan secara daring atau offline.Lebih lanjut Lie Liana mengatakan bahwa dari hasil rapat kordinasi ini diharapkan dapat dipakai sebagai panduan dan acuan bagi dosen , dan mahasiswa.Dalam membahas bidang pembelajaran semua mata kuliah yang akan diajarkan dilakukan secara daring dengan materi yang harus terupload di e-learning meliputi : materi kuliah , penugasan , tatap muka atau diskusi dua arah antara dosen dan mahasiswa.Untuk matakuliah semester 1 yang bersifat praktikum yaitu menggambar teknik akan diusahakan secara online .Mata kuliah praktikum pemrograman komputer yang diampu oleh dosen FTI bagi mahasiswa semester 3 juga diberikan secara daring

Mengenai pelaksanana sidang skripsi yang akan diadakan pada 27 Juli 2020 akan dilaksanakan secara offline atau tatapmuka dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker , jaga jarak , cuci tangan dengan air dan sabun atau membawa hand sanitizer serta sebelum ujian dan setelah ujian ruang sidang akan disemprot dengan desinfektan. Pada pembahasan tentang pelaksanana sidang ini sempat mengalami perbedaan pendapat , apakah secara daring atau luring , tapi karena ada beberapa mahasiswa yang skripsinya merancang alat maka dibutuhkan proses sidang dengan tatap muka.

Dalam pembahasan mengenai magang atau kerja praktek , pihak Fakultas Teknik mengambil kebijakan dengan mempermudah mahasiswa dalam memilih perusahaan obyek penelitian selama kerja praktek.Di masa pandemi Covid 19 ini banyak perusahaan membatasi kegiatan khususnya yang berhubungan dengan magang ,karena untuk memutus mata rantai virus covid sehingga mahasiswa semester 7 diperbolehkan menggunakan UMKM sebagai tempat magang.Adapun persyaratan UMKM yang diperbolehkan adalah : UMKM produksi yang memproduksi produk (bukan jasa) , memiliki mesin produksi berkapasitas standar usaha mikro , terdapat proses pembelian bahan baku – proses produksi – output , terdapat proses penjaminan mutu (QA) ,memiliki struktur oganisasi perusahaan resmi termasuk adanya absensi karyawan dan memiliki izin usaha yang dipersyaratkan oleh pemerintah minimal CV .Untuk persyaratan lebih lanjut mahasiswa semester 7 yang mengambil kerja praktek dapat berkonsultasi dengan dosen wali yang bersangkutan (Rz-10)